PRESS :

KUNJUNGI SOSIAL MEDIA DPD KNPI SUL-SEL

DPD KNPI SULAWESI SELATAN INISIASI INKUBATOR PEMUDA DI PINRANG

KNPISULSEL.ORG, KABUPATEN PINRANG, SULSEL – DPD KNPI Sulawesi Selatan melalui Bidang Pertanian KNPI Sulsel terus mengembangkan produktivitas dan upaya inovasi dalam pertanian meski dunia hari ini dalam keterbatasan oleh dampak pandemi COVID-19.

Kamis (17/9) TP PKK Sulawesi Selatan didampingi TP PKK Kabupaten Pinrang, Kadis Perkebunan Pinrang, Camat Paleteang, Lurah Laleng Bata dan DPD KNPI Pinrang berkunjung ke rumah produksi A2Tani Asri Aziz di Kelurahan Laleng Bata.

Asri Aziz adalah pemuda asal Kabupaten Pinrang yang mampu mengolah limbah sabut kelapa menjadi media tanam. Bidang Pertanian KNPI Sulawesi Selatan membantu dan mendampingi Asri Aziz yang sejak itu memulai industri berskala UMKM pada April 2020 lalu.

Industri A2Tani Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. (IST)



Kini, rumah industri Asri Aziz sudah mempekerjakan 20 orang baik pemuda, dan termasuk tetangga sekitar untuk bekerja, dan industri limbah sabut kelapa ini mampu meraup omset belasan juta rupiah setiap bulannya.

“Bersyukur pendampingan KNPI Sulsel menuai hasil, dari melihat limbah sabut kelapa yang tidak dimaksimalkan, sekarang dapat dibuat Cocopeat, Cocofiber, Cocochip, Turus, dan Pot Sabut Kelapa,” Pungkas Arfan Pengurus Bidang Pertanian KNPI Sulawesi Selatan.

Sambungnya, KNPI Sulawesi Selatan melakukan pendampingan hingga ke ranah terkecil, seperti pembuatan rencana usaha, survei kesiapan bahan baku, kesiapan mesin pengolahan, kesiapan tenaga kerja, dan soal memasarkannya,” tutupnya.

Asri Aziz menuturkan terbentuknya A2Tani bukan persoalan mudah, bahkan menurutnya pendampingan dan dukungan banyak orang adalah hal yang tak bisa dipisahkan. “A2Tani terbentuk atas kerjasama KNPI Sulawesi Selatan, KNPI Pinrang, TP PKK Sulsel, TP PKK Pinrang, dan pemerintah setempat,” terang Asri Aziz.

Ketua DPD KNPI Pinrang menuturkan apresiasi yang besar terhadap TP PKK Sulawesi Selatan dan KNPI Sulawesi Selatan atas kehadirannya di Bumi Lasinrang ini “Kami haturkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya, kami akan terus mendukung pemuda Pinrang untui terus berinovasi dan mengembangkan talenta yang dimiliki,” ujarnya.

Sementara Ketua KNPI Sulawesi Selatan Nurkanita Maruddani Kahfi begitu mendukung jika ada pemuda yang memiliki talenta dan kemampuan dalam gerakan-gerakan yang baik dan positif.

“Kami dukung penuh dan konsen dalam mendukung pemuda berbasis UMKM melalui inkubator pemuda, dan diharapkan dengan inisiasi yang dikerjakan di Pinrang, dapat dicontoh oleh daerah lain yang ada di Sulawesi Selatan,” tutup Kanita Kahfi. (rls/rzk)

POSTED BY
Media KNPI Sulsel

Leave A Comment

©2020 KNPI SUL-SEL